Assalammualaikum...

Ketika butuh sebuah bahan referensi, semoga Blog ini bermanfaat.. Wassalammualaikum

Selasa, 10 April 2012

PERBANDINGAN CEKO DAN INDONESIA


I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
            Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat penting. Melalui pendidikan kualitas suatu negara dapat diketahui. Pendidikan mampu menunjukkan maju tidaknya suatu negara. Oleh karena itu, setiap negara selalu berupaya memajukan pendidikan di negara masing-masing.
            Negara indonesia, membuat suatu standar yang mengatkan bahwa pendidikan yang baik, adalah pendidikan yang mempunyai sistem yang jelas, terstruktur dan mengacu pada delapan standar pendidikan. Salah satu standar pendidikan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan adalah standar isi, yang berkaitan dengan kurikulum dan menjelaskan secara lengkap standar-standar yang harus dicapai oleh masing-masing matapelajaran di tingkat tertentu.
            Indonesia merupakan negara berkembang yang selalu mengusahakan peningkatan-peningkatan di bidang pendidikan, sama halnya dengan negara berkembang lainnya seperti  Cekoslovakia atau yang biasa dikenal dengan sebutan negara Ceko. Ternyata, terdapat perbedaan antara standar isi suatu pendidikan di  negara Indonesia dan Ceko. Dalam  mengusahakan peningkatan tersebut yang sesuai dengan standar isi pendidikan, sebagai salah satu contoh untuk matapelajaran Ekonomi, di negara Indonesia di khususkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X, dan XI, XII Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), serta  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sedangkan, pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) matapelajaran Ekonomi digabung menjado IPS terpadu, berbeda dengan negara Ceko, yang menempatkan  mata pelajaran ekonomi dimulai dari usia 3 tahun sampai dengan 19 tahun.
            Dari uraiang diatas, maka usaha untuk meningkatkan suatu pendidikan mempunyai cara yang berbeda-beda, tergantung standar pendidikan, UU dan pemerintah  negara masing-masing. Oleh karena itu, penulis melakukan penulisan makalah dengan judul Perbedaan Standar Isi Pendidikan untuk Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Indonesia dengan Negara Ceko.


B. Rumusan Masalah
            Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah “Bagaiamana perbedaan standar isi pendidikan untuk mata pelajaran Ekonomi yang diterapkan di Negara Indonesia dengan Negara Ceko”?.
C. Tujuan
            Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perbedaan  standar isi pendidikan untuk  mata pelajaran Ekonomi yang diterapkan di Negara Indonesia dengan Negara Ceko.

II. Pembahasan
A.      Standar Isi Pendidikan untuk Mata Pelajaran Ekonomi di Indonesia
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d. kelompok mata pelajaran estetika;
e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. Cakupan
setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel 1.







Tabel 1. Cakupan Kelompok Mata Pelajaran

No
Kelompok Matapelajaran
Cakupan
1.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA/SMALB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMK/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang
ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran. Struktur kurikulum SMA/MA Kelas X disajikan pada Tabel 2.


        Tabel 2. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas X

Komponen
Alokasi Waktu
Mata Pelajaran
Semester 1
Semester 2
Ekonomi
2
2

   Tabel 3 . Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII program IPS

Komponen
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 Ekonomi
4
4
4
4
Satuan pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket atau sistem kredit semester. Kedua sistem tersebut dipilih berdasarkan jenjang dan kategori satuan pendidikan yang bersangkutan.
Satuan pendidikan SD/MI/SDLB melaksanakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket. Satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori standar menggunakan sistem paket atau dapat menggunakan sistem kredit semester. Satuan pendidikan SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori mandiri menggunakan sistem kredit semester.










Tabel 4. Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk setiap Satuan Pendidikan
Satuan Pendidikan
Kelas
Satu jam pemb. tatap muka (menit)
Jumlah jam pemb. Per minggu
Minggu Efektif per tahun ajaran
Waktu pembelajaran per tahun
Jumlah jam per tahun (@60 menit)
SMA/MA/ SMALB*)
X s.d. XII
45
38-39
34-38
1292-1482 jam pembelajaran
(58140 – 66690
menit)
969-1111,5
SMK/MAK
X s.d XII
45
36
38
1368 jam pelajaran
(61560 menit)
1026
(standar minimum)
Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paket adalah enam tahun untuk SD/MI/SDLB, tiga tahun untuk SMP/MTs/SMPLB dan SMA/MA/SMALB, dan tiga sampai dengan empat tahun untuk SMK/MAK. Program percepatan dapat diselenggarakan untuk mengakomodasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
Sistem kredit semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem kredit semester dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri tidak terstruktur. Panduan tentang sistem kredit semester diuraikan secara khusus dalam dokumen tersendiri.
Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat di era global serta perkembangan IPTEK yang telah membawa perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sebagai insan berilmu pengetahuan, berketerampilan, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, bertanggungjawab dan berupaya mencapai kesejahteraan diri serta memberikan sumbangan terhadap keharmonisan dan kemakmuran keluarga, masyarakat, dan negara.
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Luasnya ilmu ekonomi dan terbatasnya waktu yang tersedia membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dibatasi dan difokuskan kepada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.
Pembahasan manajemen difokuskan pada fungsi manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi.
Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan. Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan jasa dan dagang.
Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS. Pada tingkat pendidikan menengah, ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
Ruang lingkup Mata pelajaran Ekonomi mencakup perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Perekonomian;
2. Ketergantungan;
3. Spesialisasi dan pembagian kerja;
4. Perkoperasian;
5. Kewirausahaan, Akuntansi dan manajemen
B. Pengertian Mata Pelajaran Ekonomi
            1. Pengertian Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Indonesia
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merupakan perwujudan dari tekad untuk melakukan reformasi pendidikan yang sekian lama membutuhkan pembaharuan. Didalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 pada pasal 1 ayat 1 menhyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
            Program studi IPS menekankan pada pemahaman prinsip-prinsip kemasyarakatan untuk mendorong siswa mengembangkan potensinya dalam menciptakan kedamaian dan kesejahteraan hidup bersama. Fokus program studi IPS pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi dan Geografi.
            Menurut Djojohadikusumo (1994) matapelajaran Ekonomi berisikan tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak, bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.
            Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 dengan adanya matapelajaran ekonomi peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara;
  2. menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi;
  3. membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara;
  4. membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.
Jadi, Dapat disimpulkan bahwa pengetian mata pelajaran Ekonomi di Indonesia adalah suatu bahasan yang menampilkan ilmu yang berisikan tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak, bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.
2. Tujuan Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Indonesia
Tujuan pendidikan nasional yang merupakan pendidikan pada tataran makroskopik, selanjutnya dijabarkan ke dalam tujuan institusional yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dari setiap jenis maupun jenjang sekolah atau satuan pendidikan tertentu.
Dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2007 dikemukakan bahwa tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut:
  1. tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut;
  2. tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut;
  3. tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Tujuan pendidikan institusional tersebut kemudian dijabarkan lagi ke dalam tujuan kurikuler; yaitu tujuan pendidikan yang ingin dicapai dari setiap mata pelajaran yang dikembangkan di setiap sekolah atau satuan pendidikan.
Berikut ini disampaikan beberapa contoh tujuan kurikuler yang berkaitan dengan pembelajaran ekonomi, sebagaimana diisyaratkan dalam Permendiknas No. 23 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar :
a.      Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP/MTS
Adapun tujuan mata pelajaran IPS di SMP/ MTS yaitu:
1)       mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
2)       memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial;
3)       memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan;
4)       memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
b.      Tujuan Mata Pelajaran Ekonomi di SMA
Adapun tujuan mata pelajaran ekonomi di SMA yaitu:
1)       memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara;
2)       menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi;
3)       membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara;
4)       membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.

c.       Tujuan Mata Pelajaran Kewirausahaan pada SMK/MAK
Adapun tujuan Mata Pelajaran Kewirausahaan pada SMK/MAK yaitu:
1)       memahami dunia usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakat;
2)       berwirausaha dalam bidangnya;
3)       menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya;
4)       mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha.
d.      Tujuan Mata Pelajaran IPS di SMK/MAK
Adapun tujuan Mata Pelajaran IPS di SMK/MAK yaitu:
1)       memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
2)       berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial;
3)       berkomitmen terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan;
4)       berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.
Tujuan-tujuan pendidikan mulai dari pendidikan nasional sampai dengan tujuan mata pelajaran masih bersifat abstrak dan konseptual, oleh karena itu perlu dioperasionalkan dan dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan tujuan pendidikan yang lebih operasional, yang hendak dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran dari setiap mata pelajaran.
3.    Mata Pelajaran Ekonomi yang Diterapkan di Indonesia
Konsep IPS, yaitu: (1) interaksi, (2) saling ketergantungan, (3) kesinambungan dan perubahan, (4) keragaman/kesamaan/perbedaan, (5) konflik dan konsesus, (6) pola (patron), (7) tempat, (8) kekuasaan (power), (9) nilai kepercayaan, (10) keadilan dan pemerataan, (11) kelangkaan (scarcity), (12) kekhususan, (13) budaya (culture), dan (14) nasionalisme.
Mengenai tujuan ilmu pengetahuan sosial, para ahli sering mengaitkanrnya dengan berbagai sudut kepentingan dan penekanan dari program pendidikan tersebut, Gross (1978) menyebutkan bahwa tujuan pendidikan IPS adalah untuk mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya di masyarakat, secara tegas ia mengatakan “to prepare students to be well functioning citizens in a democratic society”. Tujuan lain dari pendidikan IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan  peserta didik menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan setiap persoalan yang dihadapinya  Ilmu pengetahuan sosial juga membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat, dihadapkan pada berbagai permasalahan yang ada dan terjadi di lingkungan sekitarnya. Pendidikan IPS berusaha membantu peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi sehingga akan menjadikannya semakin mengerti dan memahami lingkungan sosial masyarakatnya (Kosasih, 2004).
Pola pembelajaran pendidikan IPS menekankan pada unsur pendidikan dan pembekalan pada peserta didik. Penekanan pembelajarannya bukan sebatas pada upaya mencecoki atau menjejali peserta didik dengan sejumlah konsep yang bersifat hafalan belaka, melainkan terletak pada upaya agar mereka mampu menjadikan apa yang tekag dipelajarinya sebagai bekal dalam memahami dan ikut serta dalam melakoni kehidupan masyarakat lingkungannya, serta sebagai bekal bagi dirinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di sinilah sebenarnya penekanan misi dari pendidikan IPS. Oleh karena itu, rancangan pembelajaran guru hendaknya diarahkan dan difokuskan sesuai dengan kondisi dan perkembangan potensi siswa agar pembelajaran yang dilakukan benar-benar berguna dan bermanfaat bagi siswa (Kosasih, 2004).
Karakteristik mata pembelajaran IPS berbeda dengan disiplin ilmu lain yang bersifat monolitik. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial seperti: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Rumusan Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan realitas dan fenomena sosial melalui pendekatan interdisipliner. Ilmu ekonomi tergolong ke dalam ilmu-ilmu tentang kebijakan pada aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan pembuatan keputusan.
Topik yang dipelajari pada kelas X yaitu kebutuhan, Lembaga moneter dan non moneter, Pasar, Permintaan, Penawaran, Indeks Harga dan Ekonomi mikro Ekonomi Makro. Sedangkan, pada kelas XI mempelajari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) , Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan Siklus akuntansi perusahaan jasa, lain halnya pada kelas XII, materi yang dipelajari Siklus Akuntansi Perusahaan dagang, Manajemen, Badan Usaha, Koperasi dan Wirausaha.
Topik yang ada pada mata pelajaran ekonomi tingkat SMA hanya disampaikan sesuai dengan buku acuan yang ada, dan tergantung kepada guru yang akan menyampaikan materi akan menggunakan media atau tidak, belum terdapat aturan yang mewajibkan bahwa mata pelajaran ekonomi untuk melakukan aplikasi langsung di lapangan.
C.      Standar Isi Pendidikan untuk Matapelajaran Ekonomi di Ceko
1. Sejarah Negara Ceko
Republik Ceko muncul ketika Ceko dan Slovakia Republik Federal memisahkan diri menjadi dua negara pada Januari 1993. Ini adalah negara maju kecil dengan tradisi industri yang kaya dan sangat panjang tradisi status pendidikan tinggi dalam strata luas dari populasi.
 Sejak 1989 itu telah berfungsi pada prinsip-prinsip ekonomi pasar dan pluralitas partai politik. Pada tahun 1995 Republik Ceko menjadi anggota OECD, dan pada tahun 2004 menjadi anggota dari Uni Eropa dan memimpin pada tahun 2009. Republik Ceko adalah negara demokrasi parlementer dengan Presiden dipilih oleh Parlemen, yang menjalankan kekuasaan legislatif. Parlemen ini dibagi menjadi dua Chambers, sebuah Majelis Perwakilan dan Senat. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Pemerintah Nasional. Bidang pendidikan, di Ceko dibawah naungan Departemen Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.


2. Kurikulum yang Digunakan di Negara Ceko
Negara Ceko menekankan matapelajaran ekonomi pada saat anak berusia 3 tahun sampai dengan 19 tahun. Hal tersebut dengan maksud agar membentuk manusia-manusia yang mempunyai jiwa wirausaha, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru. Kemudian, kurikulum IPS (ekonomi) mewajibkan peserta didik untuk mengikuti kursus-kursus yang berkaitan dengan kompetensi wirausaha. Setelah peserta didik lulus untuk setia jenjang pendidikan, maka diwajibkan untuk membuat sebuah hasil karya berupa produk yaitu hasil kerjasama dengan perusahaan ataupun stake holder lainnya. Peserta didik yang telah dinyatakan lulus maka akan menerima sertifikat magang dan kursus sebagai bukti kualifikasi profesional yang relevan.

Tabel 5. Kurikulum yang Digunakan untuk Matapelajaran Ekonomi
                 di Negara Ceko
NO
Jenjang Pendidikan
SD
SMP
SMA/SMK
1







Bekerja dengan Bahan Kecil. Contoh: Diwajibkan untuk berjualan dirumah dengan pengawasan dari orang tua. Hal ini berkaitan dengan kegiatan ekonomi yaitu konsumsi, produksi dan distribusi.


Materi
Dunia Kerja
CONTOH:
Siswa diwajibkan magang dan kursus dibidang wirausaha, agar mampu menilai peluang dalam memilih karir dan formasi profesianal dan meggunakan  menggunakan spesialisasi informasi dan konsultasi untuk memilih pendidikan yang tepat. Serta dapat membuktikan, situasi, untuk menampilkan diri ketika memasuki pasar tenaga kerja.
Materi
Pasar tenaga kerja
(pekerjaan, karakter dan jenis pekerjaan, persyaratan kualifiukasi, karakteristik pribadi dan kesehatan, kesetaraan peluang dalam pasar tenaga kerja)
CONTOH:
Siswa diwajibkan magang dan kursus dibidang wirausaha
TOPIK SMK
Prinsip dasar, pengakuan diri, evaluasi diri, dampak pilihan karir, informasi, dan jasa komunikasi.


Kemudian, kurikulum yang digunakan di Negara Ceko, khususnya kurikulum untuk mata pelajaran IPS (ekonomi). Adapun kurikulum yang digunakan yaitu:
Untuk program Teknis dan kejuruan kursus:
Dalam program pendidikan menengah diselesaikan oleh sekolah yang berupa komponen pendidikan (termasuk ICT dan mata pelajaran ekonomi serta untuk non-ekonomi) membentuk rata-rata 60% dari kurikulum. Pendidikan dalam kursus yang mengarah ke sertifikat magang lebih berorientasi praktis.
Untuk kursus dan magang merupakan bagian penting dari pendidikan, yang mengambil rata-rata hampir setengah dari waktu pendidikan. Kursus dan magang di dalam Program pendidikan menengah (dalam hal ini jika peserta didik meninggalkan sekolah tanpa ujian sekolah) maka tujuannya adalah mempersiapkan peserta didik untuk pekerjaan yang sederhana, untuk pendidikan kejuruan profesional dan pelatihan, mencakup komponen umum yang memakan 30-40% dari kurikulum serta menjadi standar kualifikasi dan penilaian kualifikasi nasional.

            3. Pengertian Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Ceko
            Tokoh filsafat ternama Comenius di negara Ceko, mengatakan bahwa,  pendidikan digunakan sebagai daya pemersatu umat manusia dan turut memelihara perdamaian dunia secara universal, serta pendidikan yang baik yaitu segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan keahlian. Kemudian, ia percaya bahwa dengan memperoleh pengetahuan, umat manusia pada akhirnya diarahkan kepada tuhan.
Oleh karena itu, menurut European Comission mendefenisi matapelajaran Ekonomi di Negara Ceko adalah  matapelajaran ekonomi menuntut warganegara (peserta didik) untuk mendapatkan aktivitas pengembangan yang menuntut individu mempunyai target dan membuat sebuah keuntungan sebagai suatu tujuan akhir.
  1. Tujuan Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Ceko
Adapun tujuan Matapelajaran Ekonomi di Negara Ceko yaitu:
a)                            meningkatkan kompetensi belajar;
b)   meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal pemecahan masalah ekonomi secara langsung;
c)    meningkatkan kompetensi dalam komunikasi, sosial dan pribadi;
d)   meningkatkan kompetensi dan kompetensi kerja.
D.      Perbedaan Standar Isi Pendidikan untuk  Mata Pelajaran Ekonomi yang Diterapkan di Negara Indonesia  dengan Negara Ceko
Masing-masing negara mempunyai standar pendidikan yang berbeda-beda, hal tesebut tergantung dari mutu pendidikan dan keadaan negara, seperti negara indonesia dan Ceko mempunyai perbedaan dalam hal standar isi pendidikan untuk mata pelajaran ekonomi, di negara Ceko mata pelajaran ekonomi diajarkan mulai dari usia anak 3-19 tahun, anak diajarkan untuk berwirausaha, topik mata pelajaran di Ceko lebih menekan pada pembelajaran secara praktek, hal tersebut bertentangan dengan yang ada di negara Indonesia, topik mata pelajaran ekonomi khususnya untuk SMA hanya sebatas aplikasi secara teori saja, kecuali pembelajaran pada SMK sudah terdapat praktek seperti magang di tempat-tempat usaha.

 Tabel 6. Perbedaan Standar Isi Pendidikan untuk Mata Pelajaran Ekonomi
No
Standar Isi Pendidikan untuk Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Indonesia
Standar Isi Pendidikan untuk Mata Pelajaran Ekonomi di Negara Ceko
1
Mata Pelajaran Ekonomi mencakup perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Perekonomian
2. Ketergantungan
3.Spesialisasi dan pembagian kerja
4. Perkoperasian
5. Kewirausahaan, Akuntansi dan manajemen
Pada SMA mata pelajaran ekonomi hanya disampaikan berupa teori tanpa praktek di lapangan, berbeda dengan SMK.

Mata pelajaran ekonomi yang diajarkan langsung diaplikasikan di dunia usaha, sejak anak berusia 3-19 tahun.
Mengharapkan anak atau peserta didik mampu mengembangkan kompetensi di dunia kerja secara nyata.

            Dari tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan standar isi pendidikan untuk mata pelajaran ekonomi yang diterapkan di negara Indonesia dengan negara Ceko, yaitu negara Ceko lebih menekankan pada aplikasi secara praktek langsung ke dunia kerja, yang mendukung kompetensi siswa untuk langsung mempraktekan apa yang didapat secara teori, sedangkan di negara Indonesia, standar isi pendidikan untuk mata pelajaran ekonomi hanya sampai pada tahap teori saja, jika ingin adanya praktek langsung ke lapangan, hal tersebut baru terdapat pada SMK, belum pada SMA. Pada SMA belum terdapat peraturan dari menteri pendidikan untuk memberikan sebuah proses pembelajaran secara praktek, oleh karena itu, masi tergantung kepada guru, untuk memberikan proses pembelajaran praktek ke lapangan, seperti berkunjung ke perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan materi Manajemen. Karena perbedaan tersebut, maka dapat dilihat kemajuan ekonomi negara Ceko jika dibandingkan dengan negara Indonesia walau secara luas negara berbeda, akan tetapi dari segi pendidikan, dan standar yang digunakan untuk pendidikan, cukup mempengaruhi kemajuan negara tersebut.

III. Kesimpulan
     Adapun kesimpulan dari penulisan makalah ini adalah terdapat perbedaan standar isi pendidikan untuk mata pelajaran ekonomi yang diterapkan di negara Indonesia dengan negara Ceko. Negara indonesia untuk mata pelajaran ekonomi, masih menerapkan pembelajaran yang bersifat penekanan pada teori, sedangkan di negara Ceko, pembelajaran ekonomi sudah menekankan pada praktek secara langsung dan persiapan kepada dunia usaha dan dunia kerja.










DAFTAR PUSTAKA

Djojohadikusumo. 1994. Pendidikan Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta.
European, comission. 2009. Structures of Education and Training Systems in Europe.
Kosasih. 2004. Pendidikan IPS. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, akhmad. 2011. Karakteristik IPS.http//akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/03/12/karakteristik-mata-pelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial-ips/

1 komentar:

  1. Bolavita Agen Togel & Casino Resmi,Terpercaya & Aman

    Minimal Deposit 50.000 dan Minimal Withdraw 50.000
    Minimal Betting Togel : 1.000
    Minimal Betting Casino : 1.000

    Product yang kami berikan:
    = Bonus New Member 10% ( Minimal Deposit Rp. 200.000,- )
    = Bonus Rollingan 0.7% ( otomatis terhitung setiap kali Anda memasang taruhan )
    = Bonus Referal 7% ( Seumur Hidup )
    = Bonus Jackpot Jutaaan Rupiah

    Kami menyediakan berbagai jenis games yang dapat di mainkan hanya dengan 1 USER ID saja ::
    • Sabung Ayam Online
    • Casino online
    • Bolatangkas
    • Taruhan Bola Online / Sportsbook
    • Poker Online
    • Tembak ikan
    • Slot Game
    • Togel online / 4D
    • Baccarat
    • Dragon Tiger
    • Roulette
    • Sic Bo
    • Niu-Niu
    • Sakong
    • Fan Tan

    Kami juga menyediakan berbagai jenis Bank Lokal yang bisa anda gunakan untuk bertransaksi :
    = BCA ( Bank Centra Asia )
    = BNI ( Bank Negara Indonesia ) - ( BNI 46 )
    = BRI ( Bank Rakyat Indonesia )
    = MANDIRI
    = DANAMON
    = CIMB NIAGA
    = Dll

    Ayo bergabung bersama kami info lebih lanjut
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus